Welcome to SPK Anak Muda GBI Basilea Christ Cathedral Web Site ...

Sabtu, 12 Januari 2013

KABUPATEN KEPULAUAN SERIBU - DKI JAKARTA

Kepulauan Seribu adalah sebuah kabupaten administrasi di Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia. Wilayahnya meliputi gugusan kepulauan di Teluk Jakarta.

Kepulauan Seribu, sesuai dengan Pasal 32 Undang-undang Nomor 34 Tahun 1999, merupakan bagian dari Kotamadya Jakarta Utara yang ditingkatkan statusnya menjadi Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dengan tujuan guna meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat, serta pengelolaan Kepulauan Seribu yang ksemuanya terdiri atas 110 Pulau dalam segala aspek diantaranya kelestarian lingkungan, konservasi sumber daya alam, ekonomi, kesejahteraan rakyat dan sosial budaya.

Selanjutnya, guna terwujudnya peningkatan status Kecamatan Kepulauan Seribu menjadi Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, ditetapkanlah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55 tahun 2001 tentang Pembentukan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Pusat pemerintahan kabupaten ini terletak di PULAU PRAMUKA yang mulai difungsikan sebagai pusat pemerintahan kabupaten Kepulauan Seribu sejak tahun 2003.

Disamping itu dalam rangka memberikan pelayanan pemerintahan yang optimal kepada masyarakat Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu ditata menjadi dua Kecamatan yaitu:

- Kecamatan Kepulauan Seribu Utara
- Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan

Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan membawahi tiga kelurahan yaitu :
  • Kelurahan PULAU TIDUNG
  • Kelurahan PULAU PARI
  • Kelurahan PULAU UNTUNG JAWA.
Kecamatan Kepulauan Seribu Utara membawahi tiga kelurahan juga yaitu :
  • Kelurahan PULAU KELAPA
  • Kelurahan PULAU HARAPAN
  • Kelurahan PULAU PANGGANG
Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu ini mempunyai jumlah penduduk lebih kurang 20.000 jiwa yang tersebar di sebelas pulau-pulau kecil berpenghuni. Kesebelas pulau tersebut di antaranya :
  1. PULAU UNTUNG JAWA
  2. PULAU PARI
  3. PULAU LANCANG
  4. PULAU TIDUNG BESAR
  5. PULAU TIDUNG KECIL
  6. PULAUPRAMUKA
  7. PULAU PANGGANG
  8. PULAU HARAPAN
  9. PULAU KELAPA
  10. PULAU SEBIRA
  11. PULAU PAYUNG BESAR
Selain pulau-pulau berpenghuni, terdapat pula beberapa pulau yang dijadikan sebagai pulau wisata,
  1. PULAU PELANGI
  2. PULAU PUTRI
  3. PULAU SEPA
  4. PULAU AYER
  5. PULAU MACAN
  6. PULAU PANTARA
  7. PULAU KOTOK BESAR
  8. PULAU BIDADARI
  9. PULAU ONRUST
  10. PULAU MATAHARI
Di wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu ini terdapat pula zona konservasi berupa taman nasional laut yang diberi nama Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu (TNKS). Sebagai daerah yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari perairan dan di dalamnya juga terdapat zona konservasi, maka layak bilamana pengembangan wilayah kabupaten ini ditekankan pada pengembangan budidaya laut dan pariwisata. Kedua sektor inilah diharapkan menjadi prime-mover pembangunan masyarakat dan wilayah Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu.


POSISI GEOGRAFI

Kepulauan Seribu terdiri dari pulau-pulau karang sebanyak 110 buah dengan total luas wilayah daratan sebesar 8,7 km². Posisinya secara geografis adalah pada 5°24´ - 5°45´ LS dan 106°25´ - 106°40´ BT dengan luas 1.180,8 hektaree (11,8 km²). Temperatur sepanjang tahun umumnya berkisar antara 21 °C-32 °C dengan kelembaban udara rata-rata 80%.
 

 

PULAU TUJUAN WISATA

Semakin jauh pulau tujuan wisata dari Teluk Jakarta, semakin bersih pula pantai dan laut sekitarnya. Berikut ini adalah daftar pulau-pulau yang sudah dikembangkan menjadi pulau resor:

Pulau Pelangi

 


Pulau Pelangi termasuk satu gugusan dengan PULAU PUTRI, PULAU PETONDAN, PULAU SEPA dan PULAU MELINJO di kepulauan seribu. Jarak tempuh pulau ini dari Pantai Marina sekitar 90 menit. Di pulau ini tersedia pondok wisata juga restoran terapung. Pulau Pelangi ini merupakan tempat kegemaran para wisatawan dari Jepang. Pasangan pengantin baru dari Jepang biasanya memilih pulau ini sebagai tempat bulan madu mereka. Bahkan, perusahaan penerbangan Jepang - Japan Airlines (JAL), mengatur paket liburan tersendiri ke Pulau Pelangi ini.

Pulau Puteri


 
Pulau Putri yang didirikan tahun 1973 ini, telah menjadi pelopor dikepulauan seribu. Pulau Putri memiliki Tunnel Aquarium, Kolam Renang, Tampilan Aquarium, Terarium, Lapangan Tenis, Glass Bottom Boat, Sunset Cruise, hingga fasilitas outbound di pulau putri. Lokasi Pulau Putri ini sangat berdekatan dengan Pulau Pelangi dan Pulau Sepa.

Pulau Ayer

 
 
Pulau Ayer dijuluki sebagai Mutiara Kepulauan. Luasnya kurang dari sepuluh hektar, letaknya berdekatan dengan Pantai Marina, Ancol dan dapat dicapai dalam waktu 30 menit saja dengan kapal motor. Pulau ini mulai dikunjungi sejak tahun 1950. Bahkan semasa hidupnya, mantan Presiden Sukarno menjadikan Pulau Ayer ini sebagai tempat peristirahatannya. Mantan Presiden Sukarno juga pernah mengajak mantan Presiden Tito dari Yugoslavia dan mantan Sekretaris Jenderal PBB, U Nu, berkunjung ke pulau ini.

Pulau Pantara Barat dan Pantara Timur

 
 
Pulau Pantara Barat dan Timur terkenal sebagai tempat ideal untuk menyelam dan snorkeling. Pulau yang jaraknya sekitar 2 jam dari Marina Ancol ini dulunya dikenal sebagai Pulau Hantu. Pengembangan pulau Pantara pernah dilakukan pula oleh perusahaan penerbangan Jepang.

Pulau Sepa

 


Pulau Sepa memiliki pasir pantai yang berwarna putih, air laut yang bening, dan pantai yang landai. Pulai ini merupakan tempat latihan menyelam bagi penyelam pemula untuk mendapatkan open water certificate.

Pulau Sepa di kepulauan seribu merupakan pusat penangkaran Penyu Sisik (Eretnochelys imbricata) yang bentuk mulutnya menyerupai paruh burung.

Pulau Kotok

 
Pulau Kotok merupakan contoh pulau atoll tropis dengan vegetasi yang masih asli, laut yang jernih dan formasi batu karang berwarna-warni sehingga menjadi tujuan utama para penyelam. Pulau ini juga sebagai tempat konservasi burung Elang bondol yang menjadi maskot provinsi DKI Jakarta di Kepulauan Seribu.

Pulau Kahyangan


Salah satu pulau di kepulauan seribu adalah PULAU KAHYANGAN disebut juga Pulau Cipir. Pulau ini merupakan salah satu pulau di Kelurahan UNTUNG JAWA, yang mulai ditata sebagai tujuan wisata. Di pulau ini terdapat sebuah benteng yang dibangun oleh Belanda pada zaman VOC. Di Pulau ini terdapat sumber air tawar yang jernih dan bersih. Perjalanan ke Pulau Kahyangan bisa ditempuh dengan perahu motor yang memang disediakan untuk melayari rute Pantai Marina, Ancol, ke Pulau Kahyangan.

Pulau Bidadari




Letaknya berdekatan dengan Pulau Kahyangan, Pulau onrust, Pulau Kelor. Luasnya hanya beberapa kilometer persegi dan untuk mengelilinginya dengan berjalan kaki hanya dibutuhkan waktu satu setengah jam. Di Pulau ini terdapat peninggalan Portugis, yaitu sebuah benteng yang terbuat pada abad ke 17 (Benteng Martello). Pulau ini, pada zaman Belanda, dijadikan sebagai pulau karantina. Untuk sampai ke pulau ini hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 - 45 menit dengan kapal motor yang secara rutin melayari trayek pantai Marina ke dan dari Pulau Bidadari.


Pulau Tidung


Pulau tidung, merupakan salah satu pulau terbesar di gugusan kepulauan seribu dengan pemandangan dan panorama bahari yang asri dan ekosistem yang masih terjaga, menjadikan Pulau Tidung sebagai salah satu tujuan wisata kepulauan seribu dengan harga yang terjangkau.

 
pulau tidung

Segala aktivitas refreshing bisa anda lakukan di Pulau Tidung, diantaranya snorkeling, sepeda santai, diving, memancing, fotografi, maupun berkemah. Bagi anda yang ingin berwisata dan berpetualang di pulau tidung, bisa juga diselenggarakan kegiatan outbound yang menantang.



Bagi Anda yang ingin berwisata dan berpetualang di Pulau Tidung, pulau kembar yang berada di lautan teluk jakarta ini terdiri dari Pulau Tidung Besar yang luasnya kurang lebih 50 hektare dan Pulau Tidung Kecil luasnya sekitar 30 hektare memang mempunyai daya tarik tersendiri dan layak untuk menjadi destinasi wisata yang pantas untuk dikunjungi, bahkan Metro TV menempatkan pulau tidung sebagai tempat wisata yang paling unik yang berada di Ibukota Jakarta.
 
Keunikan wisata pulau tidung yaitu ketika anda memasuki pulau tidung besar anda akan disuguhkan keramahan penduduk setempat dan menginap di rumah penduduk yang dikemas menjadi homestay, serta anda dapat berkeliling kampung dengan menggunakan sepeda untuk menjelajah dari ujung / “Tanjongan” Barat Pulau Tidung sampai Tanjongan Timur. Di Pulau Tidung Kecil, anda akan dimanjakan dengan keasrian pulau yang sunyi dan menenangkan.

 
 
 
 
 
Dan yang terpenting dan paling eksotis diantara kedua pulau itu terdapat jembatan yang membentang menjadi penghubung kedua pulau tidung itu, kondisi dan letak jembatan yang terbentang diatas lautan yang berwarna-warni serta melewati hamparan terumbu karang tersebut menjadikan pemandangan yang sangat luar biasa dan memukau mata siapapun yang melihatnya, sehingga jembatan yang disebut oleh para pengunjung sebagai “Jembatan Cinta” tak ayal lagi menjadi icon wisata pulau tidung bahkan wisata jakarta.

 

TERTARIK BERLIBUR DI KEPULAUAN SERIBU ?

Silahkan menghubungi sejumlah agen wisata yang bisa melayani para wisatawan berlibur di Kepulauan Seribu, dan dapatkan harga-harga yang sesuai dengan budget anda.

Terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar